Software Edit Video Gratis

Zaman sekarang semua orang berlomba membuat konten yang menarik untuk sosial media. Mulai dari Instagram Story sampai Vlog untuk YouTube. Selain punya isi konten yang bagus, hal lain yang perlu dikuasai adalah mengedit videoNggak mau dong sudah susah-susah mengambil video, akhirnya jelek karena kamu nggak bisa mengedit video. Tenang kamu yang sedang ingin belajar menjadi video editor, Youtuber, atau sekedar iseng bisa kok mempelajari cara edit video dengan mudah.

Nggak perlu software mahal, kamu bisa mulai belajar dengan software edit video gratis. Banyak software edit video untuk pemula yang memiliki fitur dan interface yang ramah digunakan. Misalnya saja adalah 13 rekomendasi software edit video gratis terbaik tahun 2018.


1. OpenShot

Image: OpenShot

Software edit video gratis ini punya fitur yang sangat lengkap walaupun kamu nggak perlu membayar. OpenShot ini bisa digunakan di Windows, Mac, bahkan Linux. Bukan hanya sekedar bisa trimming dan resizing saja lho, OpenShot ini sudah dilengkapi dengan curve-based Key Frame animations efek-efek 3D yang bisa langsung kamu gunakan. Interface-nya pun nggak akan membuat bingung apalagi kamu yang baru pertama kali ngedit video. OpenShot ini ramah untuk pemula yang mau belajar edit video.


2. AVS Video Editor

AVS Video Editor bisa jadi alternatif lain jika kamu sedang mencari software Edit video gratis. Kelebihan dari software gratis ini adalah penggunaan video cachese yang memudahkan proses penyuntingan video Full-HD. Teknologi yang satu ini akan membuat proses suntung video lebih cepat dan lancar tanpa gangguan.

Image: TWC Review

Fitur lain yang harus di-highlight adalah opsi Timeline yang memisahkan penyuntungan video, efek, teks, dan audio. Sama seperti software sejenisnya kamu bisa leluasa melakukan trimming, penggabungan efek, serunya AVS Video Editor memiliki lebih dari 300 efek transisi. Walaupun banyak kelebihan software ini memiliki satu kekurangan yaitu hasil video yang sudah di-edit memiliki ukuran yang kecil.


3. VideoPad

Software Edit Videogratis lainnya yang patut dipertimbangkan adalah VideoPad. Kamu pengguna Windows dan Mac sama-sama bisa menggunakan software yang satu ini. Fitur drag-and-drop VideoPad sangat mudah untuk dioperasikan, bahkan untuk pemula sekalipun. Untuk efek kamu juga nggak perlu khawatir, karena VideoPad juga sudah menambahkan beberapa efek yang langsung bisa kamu gunakan. Kelebihan lainnya VideoPad menawarkan banyak jenis video format.

4. VirtualDub

VirtualDub juga bisa kamu pilih kalau nggak mau ribet. Fitur yang lebih sederhana disediakan buat kamu yang hanya ingin melakukan penyuntingan sederhana. Misalnya menghapus dan mengganti audio, memberikan efek blur, dan trimmingSoftware edit video Gratisini juga dilengkapi dengan fitur merekam gambar yang ada di layar komputer lho.

5. VSDC Free Video Editor

Image: Videosoftdev

Kalau kamu mencari video editor yang lengkap VSDC Free Video Editor bisa jadi pilihan. Di sini kamu bisa menemukan beberapa fitur seperti di software editing berbayar. Sayangnya VSDC Free Video Editor ini nggak ramah pengguna, kamu mungkin harus sedikit kesusahan karena interface-nya yang agak rumit. Sama seperti software lainnya VSDC Free Video Editor ini juga dilengkapi dengan output bebergai format file.

6. Corel Video Studio

Kalau yang satu ini mungkin sudah nggak perlu diperkenalkan lagi ya karena pemakainnya juga sudah banyak. Corel Video Studio jadi salah satu software yang dikenal dan banyak dipakai para pemula. Satu perusahaan dengan Corel Draw, Corel Video Studio ini sama-sama menawarkan kemudahan dan kelengkapan. Nah kalau Corel Draw dikenal dengan kemudahan penggunaan, Corel Video Studio juga sama nih. Kamu yang masih belajar akan sangat dimudahkan dengan berbagai fitur pendukung yang disediakan Corel Video Studi.

7. Adobe Premiere Pro

Image: Pro Video Coalition

Kalau sudah hobi ngedit video pasti kamu juga sudah nggak asing lagi sama Adobe Premiere Pro. Software editing video ini bisa dibilang terbaik dan paling lengkap. Dikembangkan oleh Adobe software ini jadi andalan banyak rumah produksi, dan televisi. Bagi pemula mungkin Adobe Premiere Pro ini bakal membingungkan tapi nggak ada salahnya untuk mempelajarinya.

Kalau kamu sudah menguasai Adobe Premiere Pro nggak akan kesulitan lagi untuk mengedit video-video sederhana. Mulai dari video profil sampai film pasti bisa kamu kerjakan. Adobe Premiere Pro ini juga mendukung banyak format file, plug-in, dan beragam efek.

8. iMovie

Image: PCWorld

Kalau yang ini adalah software bawaan dari macOS jadi kamu yang sudah punya laptop keluaraan Apple nggak perlu repot download dan installInterface iMovie ini juga sama sekali nggak membingungkan apalagi buat kamu yang sudah terbiasa menggunakan macOS. Kelebihan lainnya kamu bisa menghasilkan video dengan resolusi 4K.

9. Windows Movie Maker

Image: Config Server Firewall

Sama seperti iMovie, Windows Movie Maker juga merupakan software yang sudah ter-install di laptop atau komputer Windows. Kalaupun belum ter-install kamu bisa langsung mengunuduh dan langsung meng-install dengan gratis. Hampir sama dengan iMovie fitus yang ada di Windows Movie Maker juga cocok untuk pemula. Cara pengoperasiannya juga nggak rumit.

10. HitFilm Express

Mau belajar proses editing video sambil bermain visual effect? Langsung saja download HitFilm Express yang punya fitur khusus untuk VFX alias visual effect. Jadi buat kamu yang lagi belajar visual effect bisa banget belajar dasar-dasarnya dari HitFilm Express ini. 

11.  Avidemux

Image: VideoHelp

Hanya ingin memotong atau menggabungkan video? Nggak perlu takut susah karena Avidemux bisa melakukan tugasmu itu. Software ini punya fitur dan interface sederhana khusus untuk kamu yang punya kebutuhan memotong atau menggabungkan video saja.

12. Pinnacle Studio

Pernah dengar soal Pinnacle Studio? Kalau yang ini cocok banget buat kamu para pemula, sebelum menggunakan software lain yang punya fitur lebih rumit ada baiknya kamu coba Pinnacle Studio. Di sini kamu bisa mempelajari dasar-dasar mengedit video dengan mudah. Kalau kamu seorang YoutuBer atau Vlogger Pinnacle Studio akan sangat memudahkan proses kreatifmu.

13. Sony Vegas Pro 13

Image: Digitalfilms

Software buatan Sony ini bisa bersaing dengan software profesional lain keluaran Adobe ataupun Apple. Sony Vegas Pro 13 ini memang lebih banyak dipakai profesional. Tapi bukan berarti kamu yang amatir tidak bisa mencoba. Salah satu kelebihannya adalah Timeline yang enak digunakan untuk memotong gambar dan suara, hanya tinggal drag kamu sudah bisa menghasilkan video yang profesional.

Buat kamu yang sedang ingin serius belajar menjadi video editor atau Youtuber bisa mencoba 13 software edit video gratis terbaik tahun 2018 ini. Kamu bisa menyesuaikan dengan keahlianmu, buat kamu yang masih pemula banyak pilihan software yang bisa kamu pilih. Kalau bingung bagaimana cara mengoperasikannya kamu bisa melihat tutorial editing video di YouTube, ShopBackers!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *